Siaga Bencana, Polres, TNI dan Pemkab Muba Gelar Apel Cek Kesiapan Personil dan Peralatan

  • by

Mediasumsel.com, SEKAYU, – Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex diwakili Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Indita Purnama S.Sos M.Si menghadiri apel siaga bencana dalam rangka penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), di Halaman Mapolres Muba, Sabtu (4/1/2020).

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk, yang turut dihadiri Kasi Ops Kodim 0401 Muba Kapten Arm Marwan, dan diikuti Personil Polres Muba, Kodim 0401 Muba, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, serta Dinas Sosial Muba.

Dalam sambutannya Kapolres Muba menyampaikan bahwa Kabupaten Muba memiliki luas wilayah 14.266,26 KM dengan karakter wilayahnya 69% dataran rendah dan sebagian warganya tinggal di aliran sepanjang sungai baik Sungai Musi, Sungai Batang hari maupun sungai lainnya yang rawan terhadap banjir dan longsor.

“Perlu dipahami bersama bahwa apel gelar pasukan yang diselenggarakan di Kabupaten Muba ini, dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri, Pemkab Muba beserta unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana alam. dan dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan,” paparnya.

Lanjutnya, ke depan diperlukan perhatian serta antisipasi bersama dalam menghadapi fenomena perubahan iklim cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor, jalan dan tanah amblas dan bencana alam lainnya.

“Pelaksanaan apel ini dinilai perlu dilaksanakan secara bersama-sama baik dari unsur TNI, Pemkab Muba serta instansi terkait yang ada, untuk melakukan pemantapan kesiapan jajaran Polres Muba dan satuan TNI dan Penkab Muba serta instansi terkait dalam mengantisipasi segala bentuk bencana alam yang terjadi, dan kehadiran Polri, satuan TNI dan Pemda serta para stakeholder terkait secara langsung dapat mewujudkan stabilitas yang mantap dan kondusif di Bumi Serasan Sekate ,” imbuhnya.

Dalam kesempatan apel siaga bencana Kapolres Muba mengeluarkan 6 point Instruksi Kapolres Muba yang ditekankan kepada seluruh peserta apel yakni :

1. Laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

2. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi di Kabupaten Muba.

3. Siapkan serta pelihara kondisi fisik dan mental untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun.

4. Persiapkan dengan baik seluruh peralatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan dalam menghadapi bencana alam.

5. Kedepankan kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemen masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

6. Senantiasa tetap terjaga keselamatan diri masing-masing di saat bertugas dan saling mengingatkan satu sama lain dalam hal kebaikan dan keselamatan selalu ingat bahwa keluarga anak dan istri menunggu kita kembali ke rumah dalam keadaan selamat dan sehat walafiat. (Iwan).

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan