Pemkab dan Polres Muba Bersinergi Gelorakan Gerakan Masker Muba Cegah Penyebaran COVID-19

MUSI BANYUASIN – Kesehatan dan keselamatan masyarakat kabupaten Musi Banyuasin prioritas utama Pemerintah Kabupaten Muba yang dikomandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA.

Upaya Bersama dalam mencegah penyebaran COVID-19 secara konsisten terus digalakkan, baik berupa kegiatan kampanye, himbauan dan gelorakan Gerakan Masker Muba dengan pembagian masker kepada masyarakat.

Ditengah pandemi COVID-19 ini, Pemkab Muba tidak bergerak sendiri dalam lakukan pencegahan, mulai dari TNI Polri, dan semua stakeholder dilibatkan dan bersinergi bahu membahu untuk melakukan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19.

Seperti terpantau hari, Kamis (10/9/2020) Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diwakili Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi pimpin langsung apel penegakan disiplin diri dan kampenye protokol kesehatan yang diadakan oleh Polres Muba.

Dalam arahannya, Sekda Muba menyampaikan apresiasi kepada semua stakeholder yang turut menggelorakan protokol kesehatan kepada masyarakat kabupaten Muba.

“Kita pagi ini sama-sama berada di halaman Mapolres Musi Banyuasin dalam rangka menindaklanjuti perintah pimpinan kita Presiden Republik Indonesia, dalam rangka mencegah dan menanggulangi wabah COVID-19 di wilayah hukum Kabupaten Musi Banyuasin,”terangnya.

Apriyadi menerangkan kondisi di Kabupaten Musi Banyuasin sampai dengan hari ini dalam kondisi yang orange artinya kondisinya sedang. Oleh karena itu, ia minta kita semua harus waspada dan ada beberapa cluster yang sudah masuk di kabupaten Muba, diantaranya di perkantoran, keluarga.

Selain itu, Apriyadi juga mengatakan penegakan disiplin terhadap semua komponen mulai dari masyarakat sampai dengan aparatur sipil negara TNI Polri dan semua stakeholder. Oleh karena itu, untuk mengurangi dan mencegah meluasnya wabah covid 19 yang kondisinya sampai dengan hari ini tidak ada daerah yang tidak terkena penyebaran COVID-19 juga termasuk Kabupaten Musi Banyuasin.

Pada kesempatan ini, Apriyadi juga berharap masyarakat pakai masker jaga jarak dan cuci tangan dengan hand sanitizer kemudian bila perlu kalau tidak terlalu penting jangan terlalu sering keluar rumah, dan hindari kerumunan dengan pihak-pihak lain yang punya potensi untuk melakukan penularan COVID-19.

“kami atas nama pemerintah Kabupaten Muba menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Muba yang pagi ini bersama-sama, kita semua bergerak menindaklanjuti perintah ini, dalam rangka upaya penegakan disiplin penggunaan masker di Kabupaten Musi Banyuasin terutama di fasilitas-fasilitas umum kita bergerak bersama bekerja bersama untuk mendisiplinkan warga kita untuk melindungi mereka dari paparan COVID-19 dengan harapan kalau permasalahan penyebaran COVID-19 ini tidak terlalu besar di Kabupaten Musi Banyuasin, tentu pergerakan ekonomi masyarakat bisa berjalan sehingga yang namanya krisis ekonomi atau krisis daya beli di Kabupaten Musi Banyuasin ini bisa kita hindari,”ungkapnya.

Sementara, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIK, dalam sambutannya mengatakan bahwa kampanye protokol kesehatan perlu dilakukan secara rutin mengingat adanya peningkatan kasus positif COVID-19. Hal ini, menurut Erlin, tentunya dampak kurang disiplinnya dari masyarakat dalam mematuhi protokol Kesehatan COVID-19 yaitu 3 M (Memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan).

Diterangkan Kapolres Erlin, pembagian masker ada sebanyak 12 ribu, dan yang menjadi objek pembagian masker tersebut dipasar dan di lokasi keramaian lainnya.

“Sesuai dengan Inpres no 5 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian korona, kita giatkan penegakan pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Hari ini kita membagikan masker kepada masyarakat sebanyak 12.000 masker di pasar dan lokasi keramaian lainnya. Diharapkan langkah ini dapat menekan penyebaran COVID-19 sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas kembali,”pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Kapolres Muba Bersama unsur terkait langsung terjun ke masyarakat mengkampanyekan pemakaian dan pembagian masker khususnya dipasilitas umum diantaranya dipasar perjuangan dan pasar randik sekayu

Apel diikuti Anggota TNI, Satuan Pol PP, BPBD, jajaran Polres Muba. Turut hadir
Kasdim 0401 Muba Mayor Inf M. Daud, Kepala badan Kesbangpol Drs H Sholeh Na’im MM, Kepala Disdikbud Musni Wijaya, Kasat Pol PP Haryandi Karim, dan Perwakilan Kepala BPBD.

3
Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan