Susy Imelda Beni Tinjau Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit di RSUD Sekayu

SEKAYU, – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu bekerjasama dengan Smile Train dan Yayasan Ummi Romlah, menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit gratis, Jumat (01/04/2022).

Kegiatan tersebut, dalam rangka Bakti Sosial dan Peringatan Hari Kesehatan Dunia. Wakil Ketua I TP PKK Muba, Susy Imelda Beni meninjau secara kegiatan operasi bibir sumbing.

Pada kesempatan ini Susy mengatakan, adanya kegiatan tersebut tentu sangat bagus sekali karena bisa memberikan harapan baru bagi anak-anak. “karena memang pelaksanaan operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis, dan ini tidak terkafer dalam BPJS,”ungkapnya.

Sambung Ketua TP-PKK Muba, artinya kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit gratis ini tentu menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Apalagi terhadap anak-anak yang baru saja kita lihat tadi tentu menjadi harapan yang cerah bagi masa depan anak-anak bangsa kedepannya. Dan kita berdoa insyallah tetap dalam keadaan sehat,”ujarnya.

Sementara, Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS menyampaikan, giat operasi bibir sumbing dan celah langit gratis ini sudah kedua kalinya digelar.

“Hal itu mengingat angka kejadian bibir sumbing ini cukup tinggi dan merupakan penyakit bawaan, yang tentunya terganggu kesehatan. Oleh karena itu dilakukan operasi, berkesinambungan,”tegasnya.

Hal itu dilaksanakan karena mentalnya akan terganggu, mulai dari bicara, dan makan terganggu. “Kegiatan ini dalam rangka kita membantu masyarakat, terhadap kelainan bawaan saat hamil.

Nah mengenai kasus bibir sumbing ini bisa dikatakan sangat tinggi oleh karena itu setiap 6 bulan melakukan operasi bibir sumbing, saat ini ada 10 orang. Kenapa sedikit karena waktunya singkat, sebelum melakukan operasi bibir sumbing ini harus melalui beberapa screening,”bebernya.

Dikatakan juga oleh dr Makson, Sejauh ini jumlah anak yang dilakukan operasi bibir sumbing itu sudah banyak sekali dan ini sudah yang ketiga kalinya. Kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit juga didukung penuh oleh dr Iqmal Perlianta SP BP RE, dr Pipit Hendri Yani Sp BP RE, dr Aidly Fitrisyah Sp AN.

Terpisah, Mustawi merupakan orang tua dari salah satu pasien yang bernama Luki, berasal dari Desa Tanjung Agung Utara, Kecamatan Lais, menuturkan rasa senang. “Kami sangat senang, bisa operasi gratis dan menginap di ruangan baru RSUD Sekayu, yang sangat nyaman, terima kasih bapak Plt Bupati Muba Beni dan Direktur RSUD sekayu serta semua pihak yang sudah bekerja sama. Semoga anak kami tidak minder lagi dalam bergaul kedepannya,”tandasnya.

-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.