Ragam  

Podcast & Vodcast, Pengertian Serta Perbedaannya

Podcast sejatinya adalah konten audio seperti siaran radio. Namun, kini podcast juga hadir dalam format video. Berikut ulasan membahas pengertian podcast dan vodcast.

Podcast dan vodcast adalah dua jenis konten digital yang serupa tapi tak sama. Keduanya merupakan alat pemasaran (marketing tools) yang sangat kuat dan efisien untuk organisasi atau bisnis Anda saat ini.

Vodcast atau video podcast disebut juga videocast adalah varian baru podcast yang sejatinya berupa audio. Vodcast merupakan podcast dengan konten video (a podcast with video content).

Kedua alat digital marketing ini mudah digunakan untuk memberi tahu dan menjelaskan produk atau layanan Anda.

Seiring dengan semakin populernya podcast dan vodcast, sekaranglah saatnya untuk menggunakannya untuk organisasi, bisnis, merek (brand), atau bahkan kepentingan pribadi Anda untuk personal branding.

Podcasting vs Vodcasting

Perbedaan utama antara podcasting dan vodcasting adalah podcast merupakan program audio yang direkam pada perangkat perekam audio, sedangkan vodcasting adalah rekaman audio dan visual yang direkam pada kamera video, telepon, ataupun kamera web (webcam).

Podcast adalah program audio reguler yang dikirimkan melalui internet dalam format digital terkompresi. Ini dimaksudkan untuk digunakan dengan PC atau pemutar audio digital portabel.

Podcast juga dapat dianggap sebagai bentuk radio internet yang dipersonalisasi konten audio dikirimkan ke perangkat komputer atau smartphone dan dapat disimpan untuk didengarkan secara offline (tanpa koneksi internet).

Vodcasting, juga dikenal sebagai “video podcasting” atau vlogging, melampaui podcasting dengan memasukkan video ke dalam file suara yang dapat diunduh yang biasa digunakan oleh pendengar podcast.

Vodcast atau videocast sering dibuat untuk internet dan diatur sedemikian rupa sehingga audiens dapat melakukan streaming atau mengunduh klip dalam format MP3.

Apa itu Podcasting?

Podcast biasanya berkonsentrasi pada satu topik, yang mungkin berkisar dari pemasaran hingga fiksi ilmiah atau topik menarik lainnya.

Podcast juga dapat dianggap sebagai jenis radio talk yang tersedia melalui internet dan dalam format yang dapat didengarkan semua orang. Audio biasanya dirilis melalui platform podcast seperti Apple Podcast, Spotify, dan Google Podcast.

Podcast adalah file digital pra-rekaman yang dapat diunduh dan fokus pada “ceruk” (niche) tertentu. Podcast tersedia dalam berbagai format, termasuk video, audio, dan screencast.

Setiap podcast disesuaikan untuk sekelompok orang tertentu, yang dapat mencakup investor, pemilik rumah, orang tua, siswa, profesional keuangan, dan pemilik hewan peliharaan, untuk beberapa nama.

Istilah “podcast” diambil dari pemutar media “iPod” yang ditemukan oleh Apple, serta frasa “broadcast” (siaran), yang mengacu pada metode tradisional untuk mendapatkan informasi dan konten hiburan melalui radio atau televisi.

Ketika kedua konsep tersebut digabungkan, lahirlah nama podcast, podcaster, dan podcasting sebagai bentuk seni.

Podcast adalah file audio, seperti program radio atau video musik, yang didistribusikan melalui internet.

Istilah “podcasting” berasal dari kata “broadcasting” dan nama pemutar MP3 populer Apple Computer, “iPod.” Ini sedikit menyesatkan karena ini menyiratkan bahwa Anda memerlukan iPod untuk podcast. Podcast, pada kenyataannya, dapat didengarkan di perangkat audio digital yang hampir portabel, serta komputer mana pun.

Apa itu Vodcasting?

Vodcast terkadang dikenal sebagai videodcast, adalah podcast yang menyertakan rekaman video selain rekaman audio.

Podcast berkonsentrasi hanya pada penyediaan audio, sedangkan videocast berfokus pada penyediaan video.

Vodcast memungkinkan berbagi podcast berupa video di platform seperti YouTube atau situs web. Ini akan membantu audiens dalam memvisualisasikan podcaster saat mereka mendengarkannya.

Anda dapat menggunakan metode ini untuk menjangkau dan menarik mereka yang tertarik untuk menonton dan mendengarkan.

Podcaster sebenarnya merekam diri mereka sendiri selama sesi podcast mereka atau saat menyiapkan file audio untuk vodcast. Video vodcast pendek juga dapat diunggah di platform internet lain untuk mendorong lebih banyak orang mendengarkan podcast Anda.

Sebuah videocast dapat dikirim sebagai aliran atau sebagai file. Versi streaming memungkinkan orang untuk melihat video di tempat-tempat, seperti YouTube atau situs web Anda.

Pengguna dapat menonton video kapan pun dan di mana pun mereka inginkan setelah mengunduh dan menyimpannya ke pemutar video portabel, membuatnya tidak bergantung pada jadwal program televisi.

Berbagai teknologi vodcasting juga tersedia untuk membantu orang-orang dalam transisi dari sekadar konsumen video menjadi pembuat konten.

“Vodcast,” kadang-kadang dikenal sebagai podcast video, adalah frasa yang berasal dari istilah (dan konsep) podcast. Vodcast bekerja mirip dengan podcast, kecuali bahwa alih-alih hanya file audio, konsumen juga mengunduh file video yang cocok ke pemutar media portabel mereka.

Perbedaan Utama Podcast vs Vodcast

  1. Podcasting adalah hanya membuat audio dalam format, sedangkan vodcasting memiliki audio dan video.
  2. Perangkat perekam yang digunakan untuk podcasting adalah aplikasi atau perangkat yang merekam audio saja. Vodcasting dapat direkam pada kamera video, telepon, kamera web, dll.
  3. Biaya podcasting lebih murah daripada vodcasting karena vodcasting membutuhkan kamera video yang bagus dan pencahayaan yang baik, yang tidak diperlukan untuk podcasting.
  4. Podcast mudah diedit, sedangkan vodcast lebih sulit diedit karena Anda harus memperhatikan audio dan video.
  5. Penyiapan podcast lebih mudah daripada vodcasting. Vodcasting mengharuskan Anda mengatur perangkat perekaman untuk video dan audio.

Kesimpulan

Podcast dan vodcast serta varian yang akan datang tidak ketinggalan zaman. Keduanya adalah teknologi distribusi yang sangat nyata dan berguna.

Jika dibandingkan dengan pendekatan distribusi siaran tradisional, kemampuan untuk mengubah waktu konten secara dramatis memperluas kesempatan belajar dan mengajar siswa. Teknologi yang mendasarinya cukup murah dan sangat mudah digunakan.

Demikian pengertian dan perbedaan podcast vs vodcast. Katalisnet siap membantu Anda dalam pembuatan podcast dan vodcast, syuting, editing audio video, juga pelatihan.

Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan