Sumsel  

Sedekah Bumi Masyarakat Desa Sungai Dua sebagai Wujud Lestarikan Budaya Daerah

MUSI BANYUASIN, – Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin terus melestarikan budaya local dan adat kebiasaan yang sudah turun menurun yaitu Sedekah Bumi di Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh, liputan langsung tim MCM.net, minggu (9/05/2023)

Sudirman kepala desa mengatakan bahwa sedekah bumi ini merupakan wujud syukur atas rezeki berupa hasil bumi serta kesehatan jiwa serta nikmat yang lain, ujarnya.

Ditambahkannya bahwa sedekah bumi ini juga untuk mempererat ukhuwah islamiah, serta kekompakan dalam lingkungan masyarakat desa sungai dua khususnya yang mungkin selama aktivitas satu tahun ini jarang bertemu, berinteraksi dengan lingkungan, maka di sinilah kami ciptakan keakraban.

Lebih lanjut bahwa dengan hadirnya di sini selaku pimpinan masyarakat desa bisa mendapatkan masukan, informasi dari masyarakat untuk kemajuan desa sungai dua, tungkasnya.

Sementara itu Parit ketua adat desa sungai dua menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang dan berpartisipasi dalam acara sedekah bumi ini.

Kami sebagai toko adat desa sungai dua sangat berharap agar setiap permasalahan dapat di selesaikan secara kekeluargaan, Insya Allah kami akan membantu bermusyawarah karena dalam islam, musyawarah adalah suatu amalan yang mulia dan penting, tutupnya.

Dalam kesempatan sedekah bumi ini masyarakat yang datang membawa makanan, bisa hasil bumi, atau rejeki yang lainya dikumpulkan, dan saling tukar dengan yang lainya. Sebelum memulai rangkaian acara mereka berdoa, kata sambutan dan tausiah dari pemangku adat.

Pemerintah desa juga memberikan doorprize dengan cara di undi, untuk memberi motivasi, nomor yang keluar harus membacakan surat pendek baru mendapatkan hadiah, dan di akhir acara Kades berserta jajaran, toko adat memberikan bingkisan paket makanan kepada masyarakat yang datang, meskipun berdesak-desankan canda tawa berbaur Menjadi satu kegembiraan di acara sedekah bumi desa Sungai dua.

Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan