Sumsel

Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Nota Keuangan dan RAPBD Muba TA 2024

221
×

Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Nota Keuangan dan RAPBD Muba TA 2024

Sebarkan artikel ini

BERITA MUBA, – Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Musi Banyuasin menyambut baik serta mendukung kebijakan pembangunan tahunan daerah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muba TA 2024.

Hal ini disampaikan para juru bicara Fraksi-fraksi DPRD pada Rapat Paripurna Masa Persidangan I Rapat ke-23 dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Muba terhadap Penyampaian Rancangan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2024, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (2/10/2023).

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Muba Sugondo dan dihadiri langsung Pj Bupati Muba, Pj Sekda Muba, para Wakil dan Anggota DPRD Muba, serta Kepala Perangkat Daerah Muba.

Kebijakan pembangunan tahunan daerah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muba TA 2024 difokuskan pada enam prioritas tersebut yakni:

Meningkatkan produktivitas dan hilirisasi komoditas unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Meningkatkan pendapatan dan mengurangi beban masyarakat untuk menurunkan kemiskinan ekstrem, Meningkatkan pemerataan infrastruktur dasar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pelayanan dasar, Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Transformasi digital tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Juru Bicara Fraksi Partai Golkar Eni Erliza SE berharap enam prioritas tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai arah pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin kedepan.

“Sehubungan dengan RAPBD Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2024, kami meminta agar penggunaan APBD harus berfokus terhadap kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan sumber daya manusia, layanan publik dan pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkapnya.

Senada Evra Haryadi SE juru bicara Fraksi Partai Gerindra, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pj Bupati Muba serta jajaran yang telah berupaya maksimal dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2024.

Dikatakannya penyusunan pendapatan dan belanja Daerah Tahun Anggaran 2024 harus berjalan dengan upaya pemerintah daerah mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkualitas.

“Segala perencanaan anggaran, pelaksanaan serta evaluasi oleh pemerintah daerah harus mengacu pada peningkatan kesejahteraan rakyat Kabupaten Muba,” kata Evra.

Sementara, Pemandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang disampaikan oleh Supriasihatin, bahwa dalam rangka meningkatkan produktivitas dan hilirisasi komoditas unggulan serta pemulihan ekonomi UMKM sekaligus menurunkan kemiskinan ekstrim, Fraksi PKB mengusulkan agar pemerintah dapat mempermudah pemberian izin kepada kelompok-kelompok tani, nelayan dan UMKM yang ada di desa-desa serta memberikan bantuan modal sehingga mereka dapat memberdayakan usahanya, dan akhirnya dapat meringankan beban masyarakat.

“Terhadap program konektivitas infrastruktur dasar, merupakan suatu program yang sangat strategis karena terhubungnya jalan antar desa selain mempermudah jalur transportasi juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani,” pungkasnya.

-

Tinggalkan Balasan