Apriza dan Yoseva Terpilih Jadi Kuyung Kupek Muba 2021

  • Bagikan

Plt Beni Hernedi Ajak Kuyung Kupek Muba Kampanye Prokes dan Vaksinasi

Prokes Ketat, Grand Final Kuyung Kupek Muba Berjalan Meriah

Sekayu, – Setelah melalui tahap seleksi dan penjurian yang ketat, akhirnya Muhammad Apriza dan Yoseva Gabriela Sutarto terpilih menjadi Kuyung Kupek Muba Tahun 2021 pada malam Grand Final Kuyung Kupek Muba Tahun 2021, Kamis (28/10/2021) di Opproom Pemkab Muba.

Rangkaian malam grand final berlangsung dengan protokol kesehatan ketat serta dihadiri dari berbagai unsur tamu undangan yang dihadiri secara langsung Plt Bupati Beni Hernedi SIP.

Yoseva Gabriela Sutarto Wakil Kecamatan Keluang yang terpilih sebagai Kupek Muba Tahun 2021, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Muba, dan Dewan Juri yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengemban amanah sebagai Duta Budaya dan Duta Wisata Kabupaten Muba.

“InsyaAllah saya siap, untuk mendukung dan mengembangkan potensi-potensi pariwisata serta seni khas Musi Banyuasin, serta mendorong pemerintah dalam mewujudkan Muba Maju Berjaya Tahun 2022,” ujarnya

Senada dikatakan, Kuyung Muba 2021 Muhammad Apriza wakil SMA 2 Unggu Sekayu. Ia mengatakan, akan siap mengkampanyekan potens-potensi yang ada di Muba. “Kami juga akan terus mengajak pemuda pemudi di Muba khususnya untuk terus mentaati prokes COVID-19,” ucapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muba Beni Hernedi SIP yang hadir langsung dalam kesempatan ini sangat bersyukur atas kerjasama semua pihak dalam penanganan Covid-19, sehingga kondisi Bumi Serasan Sekate saat ini memasuki zona kuning dan PPKM Level I, dan pemilihan Kuyung Kupek Muba dapat dilakukan kembali.

Menurutnya, dalam arti luas merupakan bagian dari kehidupan, baik itu seni suara, tari, drama, dan lukis, yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Dimana setiap daerah memiliki seni budaya khas masing-masing yang wajib dilestarikan bahkan dikembangkan oleh generasi penerus bangsa.

“Hari ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muba melalui pemilihan Kuyung Kupek Muba Tahun 2021, berupaya melestarikan dan mengembangkan serta memperkenalkan seni budaya yang ada di Muba,” ujarnya

Lanjut Beni, kegiatan ini merupakan salah satu cara yang cukup praktis untuk mensosialisasikan kesenian asli daerah Kabupaten Musi Banyuasin ke masyarakat luas sehingga dapat dicintai dan diakui keberadaannya.

“Kuyung Kupek adalah duta yang mewakili Muba dalam berbagai aspek yaitu Duta Wisata dan Duta Budaya, tujuannya untuk memperkenalkan ke dunia luar akan potensi daerah dan program yang sedang dijalankan di Muba, sehingga potensi tersebut bisa dikembangkan dan dibangun dengan cepat. Mengingat kabupaten yang kita cintai ini memiliki potensi yang cukup besar dan menjanjikan untuk dikembangkan yang ditandai dengan berbagai peninggalan sejarah serta bermacam budaya, kuliner, dan kesenian tradisional, juga tak lupa menjadi bagian untuk terus mengkampanyekan pentingnya mentaati prokes COVID-19,” tandasnya.

Kepala Dispopar Muba M Fariz SSTP MM dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemilihan Kuyung Kupek Muba tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yakni dilaksanakan dengan protokol yang ketat serta penonton terbatas, dapat disaksikan secara live streaming melalui media sosial Dinas Kominfo Muba.

“Pemilihan kuyung Kupek malam ini dibarengi dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Adapun 130 peserta dari seleksi yang dilakukan yaitu 70 orang Kupek dan 60 orang Kuyung, diseleksi kembali sehingga terpilih 15 pasang kuyung dan Kupek yang berasal berbagai instansi, perangkat daerah, kecamatan dan perseorangan umum,” Kadispopar Muba.

Dapatkan info lengkap di GOOGLE NEWS

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
 
 
 
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *