Pariwisata

Menparekraf Akan Perkuat Solo Sebagai Salah Satu Destinasi Unggulan MICE

375
×

Menparekraf Akan Perkuat Solo Sebagai Salah Satu Destinasi Unggulan MICE

Sebarkan artikel ini

Terkait batik, Menparekraf Sandiaga mengatakan industri batik memiliki potensi dan kontribusi yang besar terhadap perekonomian negara ini. Industri batik mampu menyerap 200.000 tenaga kerja pada 47.000 unit usaha batik di 101 sentra di seluruh Indonesia.

Produk batik Indonesia juga sangat diminati oleh pasar mancanegara, dimana nilai ekspor batik pada tahun 2021 mencapai 46,24 juta dolar AS.

“Untuk mengembangan industri batik nasional, Kemenparekraf bersama stakeholder terkait sedang menyiapkan standar kompetensi kreasi batik.

Tujuan dari disusunnya standar kompetensi ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pengusaha batik, serta meningkatkan sinergi antara stakeholder dalam pengembangan batik,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga kembali mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi, terutama KADIN agar dapat mendukung pengembangan batik. Termasuk ikut mendukung dalam memberikan pelatihan, pendampingan, juga akses pembiayaan.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kemenparekraf, Hanifah Makarim, Ketua Umum KADIN Jawa Tengah, Harry Nuryanto Sudiro, dan Ketua KADIN Solo, Ferry Sephta Indrianto.

-

Tinggalkan Balasan