Politik

Cawapres Mahfud MD Ternyata Lebih Banyak Disukai Kalangan Muda

206
×

Cawapres Mahfud MD Ternyata Lebih Banyak Disukai Kalangan Muda

Sebarkan artikel ini

MEDIA SUMSEL – Calon Wakil Presiden (Cawapres), Mahfud MD ternyata lebih disukai kalangan muda ketimbang dua bakal cawapres lainnya, Gibran Rakabuming dan Muhaimin Iskandar.

Hal ini terpotret dalam hasil riset dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) sebagaimana disampaikan Pengamat Politik Saiful Mujani, Jumat (3/11/2023) kemarin.

Mencuatnya nama Mahfud MD sebagai Cawapres paling digemari anak muda disambut positif Politikus Partai Perindo. Ketua DPP Partai Perindo Bidang Politik, Yusuf Lakaseng mengaku tak kaget atas hasil survei tersebut. Pasalnya, Mahfud MD merupakan tokoh yang disukai semua kalangan, termasuk anak muda.

“Mahfud MD adalah hero di dunia nyata. Dari survei ini, menunjukkan anak muda suka pada pemimpin itu bukan karena usianya, melainkan karena kapasitas dan prestasi,” ujar Yusuf kepada wartawan, Sabtu (4/11/2023).

Yusuf melanjutkan sosok Mahfud yang berani dan cakap dalam mengatasi masalah penegakan hukum dipandang sebagai tokoh pembela kebenaran. “Pak Mahfud MD kenapa lebih disukai karena dia figur yang berani menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

Berani memberantas korupsi, berani menyikat para mafia. Bagi anak muda itu adalah sifat seorang hero di dunia nyata,” jelas pria yang juga Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tengah ini.

Diketahui, data yang disampaikan Saiful Mujani merujuk dari LSI. Survei dilakukan dengan wawancara lapangan pada 2-8 Oktober 2023. Sebanyak 1.620 responden survei dipilih. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 2,5% pada tingkat kepercayaan 95% dengan asumsi simple random sampling.

Survei ini menunjukkan likeability generasi Z pada Muhaimin sebesar 61%, Mahfud MD 83%, sedangkan Gibran 79%. Sementara pada generasi milenial, likeability Muhaimin 66%, Mahfud 82%, dan Gibran 76%.

Kemudian pada generasi X, likeability Muhaimin 64%, Mahfud 83%, dan Gibran 76%. Selanjutnya pada generasi boomers, likeability Muhaimin 66%, Mahfud 89%, dan Gibran 74%.

Berdasarkan hasil survei itu, Saiful menyimpulkan mayoritas pemilih muda tidak melihat faktor usia dalam memilih dan menyukai ketiganya. Namun, ada faktor yang yang membuat milenial dan gen Z menyukai Mahfud MD.

“Kesimpulannya perbedaan generasi tidak penting. Pemilih muda banyak yang memilih Mahfud MD, sama banyaknya dengan pemilih yang sudah senior. Dan pemilih yang lebih muda juga cenderung lebih banyak yang suka pada Mahfud dibanding pada dua calon wakil presiden lain,” jelas Saiful.

Sekadar diketahui, Mahfud MD saat ini berusia 66 tahun. Sedangkan Gibran berusia 36 tahun dan Muhaimin Iskandar 57 tahun.

sumber beritasmart.com

-

Tinggalkan Balasan